Hubungi Kami (0274) 5022 529 admin@akpy-stiper.ac.id

PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT WORKSHOP PEMBUATAN LILIN DARI MINYAK JELANTAH

20 Aug 2023
ADMIN
1023

Yogyakarta – 6 Agustus 2023 – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta melakukan kegiatan pengabdian masyarakatdi Pelemsari, Prenggen, Kotagede, Yogyakarta. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua LPPM AKPY ibu Olivia Elfatma, S.Si., M.Sc. bersama mahasiswa Instiper. Kegiatan yang dilakukan adalah workshop pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah yang diikuti oleh ibu-ibu di lingkungan Pelemsari.

Acara pelatihan pembuatan lilin ini diawali dengan pemaparan alat dan bahan yang diperlukan dan demo pembuatan lilin oleh mahasiswa Instiper yang dibantu oleh dosen AKPY. Selanjutnya, ibu-ibu melakukan pembuatan lilin aromaterapi ini secara mandiri. Kegiatan ini disambut dengan sangat antusias oleh ibu-ibu Pelemsari. Mereka sangat tertarik dalam pembuatan lilin aromaterapi karena proses pembuatannya yang mudah dan memanfaatkan limbah rumah tangga.

Minyak jelantah dipilih sebagai bahan baku pembuatan lilin karena bahan ini merupakan salah satu limbah rumah tangga yang masih belum banyak diolah untuk dimanfaatkan lagi. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai pengolahan limbah minyak jelantah menjadi barang yang memiliki nilai tambah dan menjadi salah satu ide usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga.



Artikel Terkini

© 2023 Copyright : AKPY-STIPER